Senin, 02 Juli 2012

cara memilih warna cat tembok untuk interior rumah

cara memilih warna cat tembok untuk interior rumah : Dalam memilih warna cat untuk interior kita seringkali dipusingkan dengan banyaknya warna yang tersedia sehingga membingungkan dan menyulitkan kita untuk memilihnya. Namun banyaknya pilihan warna cat tersebut janganlah membuat kreatifitas anda terjebak terbatas hanya memilih warna cat yang umum atau aman, sehingga warna interior rumah menjadi kaku dan kurang berwarna.
Pemilihan sebuah skema warna cat tembok pada interior rumah biasanya didasarkan pada 3 komponen utama yaitu nilai, suhu dan intensitas (menurut buku Complete Home Decorating karya Lowe). Nilai pada warna dibedakan menjadi 2 yaitu terang dan gelap, sedangkan dari suhu warna diterapkan menjadi warna hangat dan warna dingin. Intensitas sebuah warna akan mempengaruhi tingkatan efek psikologi yang ditimbulkan yaitu kesan cerah atau lembut. Warna-warna favorit pada interior rumah berubah dari waktu ke waktu, namun selalu ada beberapa jenis warna yang tetap menjadi pilihan bahkan menjadi warna kombinasi.

Merah - Berkesan sangat kuat jika digunakan sebagai warna utama pada sebuah ruangan. Namun kehadirannya akan menimbulkan dampak yang sangat dramatis ketika digunakan sebagai vokal poin pada sebuah dinding, sebagai warna lis dari kusen. Memilih warna merah sebagai warna pembatas pada sudut dinding akan menimbulkan kesan warna yang lebih cerah pada dinding tersebut. Namun berhati-hatilah ketika hendak mengaplikasikan warna ini untuk dapur atau ruang makan, karena akan menimbulkan efek secara psikologi terhadap pertambahan nafsu makan. Itu alasan warna merah seringkali digunakan pada restoran ataupun rumah makan.

Merah muda (Pink) - Menurut buku interior Taunton’s Home Color Idea Book, warna pink adalah pilihan yang sangat baik untuk rumah bergaya Victoria. Pink merupakan pilihan warna yang baik untuk ruang belajar karena efek secara psikologisnya cenderung menimbulkan perasaan tenang serta merangsang kreativitas pada otak.

Oranye dan Biru - Sangat cocok digunakan sebagai warna pelengkap atau warna aksen pada sebuah dekorasi interior rumah. Dinding ruangan yang berwarna krem (peach) atau warna hijau muda akan menjadi sangat hidup dan cerah ketika dipadukan dengan warna biru muda sebagai aksen dekorasi ruangan.

Warna untuk ruang makan - Pilihlah warna cat tembok untuk ruang makan Anda berdasarkan warna yang mewakili warna-warna makanan dan minuman di rumah Anda. Anda bisa berkreasi dengan memiliih warna coklat yang mempresentasikan warna kopi atau teh, warna putih dan kuning muda wujud dari nasi, roti dan telur, warna hijau dan ungu muda wujud lambang dari warna-warna sayuran. Cara yang sama dapat Anda kreasikan ketika hendak memilih warna cat untuk dapur Anda.

Untuk itu, manfaatkanlah kekayaan warna yang ada dengan memilih warna cat rumah yang lebih berani dan kreatif agar menghasilkan ruangan lebih berwarna tidak kaku sehingga nyaman dan elok di pandang. Berikut beberapa tips memilih warna cat rumah anda ini:

1. Pelajari tata pewarnaan, kemudian berani mengkombinasikan warna, serta karakter dan efek-efek yang dimunculkannya.

2. Cara paling mudah harus dilakukan adalah menentukan tema ruangan. Tema yang kuat akan memudahkan Anda memilih warna cat yang tepat. Misalnya, warna merah muda untuk kamar tidur feminin.
3. Perbanyak mengunjungi tempat-tempat yang kaya akan variasi desain interior dan membaca buku dengan berbagai variasi ide desain. Sehingga banyak referensi desain yang didapat akan memudahkan untuk menata rumah Anda sendiri.

4. Kenali dengan baik fungsi utama dari sebuah ruang. Pemilihan warna cat sebaiknya dapat memperkuat karakter ruang. Sebagai contoh, warna putih yang menunjang higienitas dapur.

5. Pilihlah warna netral untuk ruang multifungsi, seperti ruang tamu. Selain nyaman untuk mata, warna netral seperti coklat krem, hitam, atau putih akan memudahkan Anda dalam memadu padankan warna.

6. Apabila warna netral terlalu monoton, cara lain adalah menerapkan konsep warna monokromatik. Anda hanya harus memilih satu warna utama sebagai panduan menata ruang, mulai dari warna dinding hingga perabot.

7. Untuk memudahkan anda dalam memilih warna cat rumah, coba anda buat simulasi kecil menggunakan oretan di kertas dengan menggambar rumah anda dan diwarnai. Untuk lebih baiknya bikin sketsa rumah menggunakan software desain rumah dan coba memilih warna yang sesuai pada dinding interior rumah anda.

8. Jika ketujuh cara tersebut tak juga berhasil, tak ada salahnya mengaplikasikan warna favorit Anda ke dalam ruang rumah. Ikuti kata hati, dan jangan abaikan selera Anda.

1 komentar: